• October 7, 2024

(Bagian 4) Petualangan PH Backpacker Inggris: Jajanan Jalanan di Manila

Akan menemukan isaw, balun-balanun, betamax, dan banyak lagi

Ini adalah bagian ke-4 dari buku harian perjalanan backpacker Inggris Will Hatton yang mendokumentasikan perjalanan pertamanya ke Filipina. Ikuti petualangannya di Filipina di sini di Rappler.

Baca Bagian 1: Pulag matahari terbit

Bagian 2: Gua di Sagada

Bagian 3: Tato oleh Whang Od, legenda hidup

Bagian 4: Jajanan Jalanan di Manila

Bagian 5: Malaikat Penjaga Pinoyku

Bagian 6: Pulau Kesepian dan Tuan GaGa

Ketika saya dalam perjalanan, orang-orang selalu menanyakan pertanyaan yang sama kepada saya: ‘Mengapa Anda bepergian selama 7 tahun, apa yang sangat Anda sukai dari berada di negara asing?’

Tidak ada jawaban sederhana. Saya suka kebebasan. Saya senang bisa memasukkan semua perlengkapan saya ke dalam ransel saya yang sudah usang dan pergi ke suatu tempat yang benar-benar baru. Saya senang bisa mendapatkan pengalaman baru setiap hari, bahkan yang kecil. Saya suka bertemu orang baru. Dan mungkin yang paling penting, saya suka mencoba makanan baru!

Sejak saya pertama kali mendarat di Manila, saya terpesona oleh banyaknya pilihan makanan lezat, bergizi, dan aneh yang ditawarkan. Saya sudah mencoba “telur dengan tulang” – yang terkenal bungkus. Saya menikmati sisig buaya. Saya makan ayam adobo, menyeruput sepiring demi sepiring kebaikan protein!

Setelah sesi tato dengan Whang Od yang legendaris, saya langsung menuju Manila agar bisa mengejar penerbangan ke Palawan, sebuah pulau indah yang telah masuk dalam daftar kunjungan wajib saya selama bertahun-tahun. Saya punya waktu 24 jam untuk menghabiskan waktu di Manila, jadi saya mengatur untuk bertemu dengan pasangan blogger perjalanan lainnya, Tom dan Anna, pasangan Inggris-Filipina yang bertemu di jalan saat backpacking melintasi Laos dan telah bersama sejak mandi.

Anna mungkin adalah salah satu gadis termanis yang pernah saya temui, yang langsung memberi saya tumpukan pancake yang tak ada habisnya setelah saya masuk ke apartemen mereka pada jam 4 pagi. Keesokan harinya, katanya, saya benar-benar mendapat suguhan… Anna akan membawa saya dan Tom ke salah satu tempat favoritnya, pasar Mercato yang terkenal, di mana kami akan menyantap setiap makanan lezat Filipina di bawah sinar matahari.

Kami memulai malam dengan beberapa (mungkin terlalu banyak!) Bir Kuda Merah sebelum menuju ke pasar makanan Mercato dan menumpuk piring kami dengan segala macam makanan aneh dan lezat. Kami mulai dengan apa yang hanya bisa saya gambarkan sebagai ‘garis daging yang berlekuk-lekuk di atas tongkat’ – Anna memberi tahu bahwa itu dikenal sebagai ikan

Berikutnya, Betamax, darah babi yang digumpalkan dan rasanya seperti salmon asap dan telur orak-arik, makanan yang sama yang selalu dimasak ibuku untuk sarapan di Hari Natal. Memikirkannya saja membuatku bernostalgia dan sebelum aku menyadarinya, aku sudah menghirup hampir seluruh batang daging. Tom berusaha keras dan dengan patuh mengunyah darah lengket itu, tapi aku tahu dia menikmatinya, jauh di lubuk hatinya. Dapat.

Malam berlanjut, lebih banyak Kuda Merah yang dilempar, kami bersulang untuk Ratu (kami orang Inggris sangat patriotik!) dan menggigitnya. balun-balunanampela ayam – favorit saya dari semua yang saya coba malam itu.

Cahaya terang pasar berkelap-kelip di atas kami sementara kerumunan orang berlalu-lalang, orang-orang mengemil dan berbelanja, menawar dan mengantri.

Saya kenyang. Tentunya hanya ada begitu banyak daging aneh dan menakjubkan yang ada di negara ini? Saya meneruskan ‘cewek umur sehari’ dan beralih ke Walkman – telinga babi yang lengket. Saya rasa saya belum pernah mengunyah sesuatu sekeras itu sepanjang hidup saya, tapi hei, itu sepadan. Telinga babi ternyata enak sekali!

Foto oleh Crystal Egan

Makan semua makanan lezat ini, tetapi bagi saya, makanan aneh membuat saya berpikir. Sungguh menarik, dalam budaya barat, makanan seperti ini akan dianggap sangat aneh, bahkan mungkin tidak bersih, namun di Filipina sangat berbeda dan saya mengerti alasannya. Gagasan memakan usus ayam, kuping babi, dan embrio bebek mungkin tampak aneh, tetapi saya merasa sangat senang – ini adalah makanan sehat, penuh protein, dan sangat murah; apa lagi yang dibutuhkan seorang backpacker Inggris di jalan?

Terlalu cepat tiba waktunya untuk meninggalkan pasar. Saya harus mengejar penerbangan – sebentar lagi saya akan meluncur di atas perairan kristal, snorkeling untuk mencari penyu, dan berjemur di pantai terpencil.

Saya sudah mempunyai rencana untuk berteman dengan seorang nelayan dan dengan sengaja menempatkan diri saya di pulau terpencil untuk mencari a Robinson Crusoe pengalaman! Yang saya butuhkan sekarang hanyalah menangkap ikan dan membeli tempat tidur gantung…

Terima kasih banyak kepada Tom dan Anna, bagaimana dengan blogging di Petualangan di dalam kamukarena telah menyusun video epik saat kami mencicipi makanan di pasar Mercato.

– Rappler.com

Penulis dan fotografer. Petualang dan pengembara. Ahli push-up handstand. Penakluk gunung, penyintas gurun pasir, dan tentara salib untuk petualangan murahan. Will adalah seorang yang rajin menumpang, peselancar sofa, dan pemburu barang murah. Dia adalah pengikut setia Kuil Tinggi Backpackistan dan penemu pelukan pria yang bangga. Akan menulis blog tentang di thebrokebackpacker.com tentang petualangannya keliling dunia, kamu bisa mengikutinya Facebook dan seterusnya Twitter atau, jika Anda benar-benar baik hati, buruan dia di jalan untuk mendapatkan segelas bir nakal.