• October 9, 2024

Mai Pen Rai: Artinya, jangan khawatir

MANILA, Filipina – “Putar musik.”

“Aku tidak tahu, kawan. Saya benar-benar menggali suara alam saat ini.”

Saat itu tepat setelah matahari terbenam di Pantai Than Sadet, Koh Phangan, Thailand. Tidak ada suara sintetik yang biasanya memenuhi udara di kawasan padat penduduk, maju, dan padat yang biasa dilakukan oleh penduduk kota seperti saya.

Sebaliknya, yang terdengar hanyalah deburan ombak yang lembut; suara jangkrik yang lembut mengintai di dedaunan sekitarnya; riuh tawa dan cipratan anak-anak yang bermain di bebatuan sepanjang pantai; dan geraman anjing pulau yang berjalan mondar-mandir di teluk mengingatkan kami bahwa kamilah pengunjungnya.

Teman-teman saya dan saya berada di surga.

Jalan menuju surga memang tidak terduga, dan jika bukan karena perjalanan selama 45 menit ke dalam hutan Koh Phangan, kita mungkin tidak akan pernah mencapainya.

Tersandung ke Eden

Hanya mengetahui nama resor kami namun tidak mengetahui lokasi pastinya, kami menjadi sasaran empuk bagi segerombolan pengemudi yang sudah tidak sabar menunggu untuk memanfaatkan pengiriman terbaru kapal tersebut: wisatawan yang bersemangat—dan dalam kasus kami, tersesat.

Dengan tas punggung yang diikat erat, kami naik ke belakang bakkie (saudara jeepney kami yang berasal dari Thailand) yang berkendara menjauhi jalan beraspal dan pusat kota, dan melewati jalan tanah pegunungan di bagian pulau yang berpenduduk jarang.

Saat lapisan debu tebal menumpuk di lensa pesawat saya, saya diam-diam panik dan memiliki keinginan untuk kembali ke peradaban.

Ketika kami akhirnya mencapai tujuan, membersihkan diri dari perjalanan dan berjalan menuju hamparan teluk di depan, saya tahu kami telah menemukan permata tersembunyi. Kami berada jauh dari pantai-pantai yang dipenuhi turis di pulau itu, dilindungi oleh hutan di sekitarnya dan bebatuan yang membatasi hamparan pantai seperti ujung buku granit yang besar.

Mai Pen Rai

BUNGALOW DI ATAS BATU.  Tidak ada listrik?  Kami terguncang, bukan tergerak.

Kami berjalan menyusuri hamparan pantai melewati deretan restoran dan pondok pantai yang tenang, dan menemukan area resepsionis dan restoran resor kami, Mai Pen Rai (ungkapan Thailand yang setara dengan “hakuna matata”). Kami bertemu dengan pemilik Fiona, yang berasal dari Skotlandia tetapi – seperti banyak pelancong sebelumnya – telah menemukan surganya sendiri untuk dijadikan rumah selamanya.

Suaminya, Teep, dan keluarganya memiliki tanah di sekitar pantai. Ini adalah salah satu resor tertua di pulau itu, yang didirikan oleh Teep lebih dari 25 tahun yang lalu. Untuk sebuah pulau yang telah menarik banyak wisatawan yang terkenal dengan hutan, pantai, dan kehidupan malamnya yang dipopulerkan oleh Pesta Bulan Purnama (yang diadakan sepanjang tahun bersamaan dengan Pesta Bulan Hitam dan Bulan Setengah), jarang sekali menemukan tempat. seperti Mai. Pen Rai yang tetap tidak terpengaruh oleh pesatnya perkembangan dunia di sekitarnya.

Lelah karena perjalanan seharian dan ingin melepaskan semua barang seberat 12 kg dari punggung saya, saya tidak sabar untuk bersantai di bungalo, berganti pakaian dalam bikini, dan melompat ke perairan hijau zamrud yang sejuk. Fiona memberi tahu kami bahwa kami telah memesan salah satu bungalow terbaik di bebatuan dengan pemandangan matahari terbit yang spektakuler dari jendela kami.

Namun, ada kendalanya, karena selalu ada hal-hal yang terlalu bagus untuk menjadi kenyataan: tidak ada listrik.

Pantai ini tetap menjadi salah satu dari sedikit tempat di pulau yang dibiarkan tanpa listrik. Resor ini menggunakan generator yang menyediakan listrik dari pukul 11:00 hingga 16:00 dan lagi dari pukul 18:00 hingga 04:00.

Berasal dari Filipina dimana AC merupakan kebutuhan sehari-hari, hal ini membuat saya sedikit khawatir; tapi sesuatu tentang tempat itu dan senyuman Fiona yang nyaman dan ramah membuat kekhawatiranku hilang. Saya melihat ke laut dan berpikir, “Jangan pernah memikirkannyaKanan?”

Kebutuhan dasar

PESAN PEDESAAN.  Upaya yang jelas dari arsitektur untuk bekerja dengan alam daripada melawannya lebih masuk akal

Setelah berjalan melalui jalan setapak yang mengharuskan kami memanjat dan melewati bebatuan untuk sampai ke bungalo kami, menjadi jelas bahwa alam di Pantai Than Sadet adalah bintangnya.

Interior bungalo yang sederhana dan sederhana mungkin menjadi penghalang bagi wisatawan yang memilih vila mewah ber-AC, namun nuansa sedikit bohemian dan upaya arsitektur yang jelas untuk bekerja dengan alam daripada melawannya lebih masuk akal. .

Setelah melakukan survei singkat di bungalo dan memastikan bahwa semua kebutuhan dasar kami terpenuhi – kamar mandi bersih, seprai, kelambu, dan kipas angin listrik – saya melemparkan barang bawaan saya ke samping dan langsung menuju tempat tidur gantung di balkon kami.

Di sanalah saya, sedang berayun di tempat tidur gantung di sebuah bungalow di bebatuan dengan pemandangan menakjubkan perairan terbuka Teluk Thailand dan Pantai Than Sadet di bawah saya, dan beberapa teman terdekat saya berbagi pengalaman – saya tahu itu adalah Dia.

Mungkin tidak ada listrik; mungkin tidak ada TV layar datar atau bar; mungkin tidak ada bantal bulu angsa atau seprai katun Mesir dengan jumlah benang 500 – tetapi di bungalo kecil di atas batu itu saya memiliki semua yang saya butuhkan dan itu lebih dari cukup.

Merasa seperti penduduk setempat

RASANYA SEPERTI DI RUMAH.  Hanya diperlukan 4 hari untuk mulai merasa betah di Mai Pen Rai

Teman-teman saya dan saya hanya tinggal di Than Sadet selama total 4 hari (secara spontan memperpanjang rencana menginap 3 hari sebelum pindah ke Koh Tao, pulau lain di provinsi Surat Thani), tetapi, anehnya, kami hampir merasa seperti penduduk setempat.

Selama 4 hari itu kami menjelajahi lingkungan yang kaya akan hutan dan berteman dengan keluarga dan beberapa tamu lain yang menginap di pantai. Ada kalanya kami sendirian di pantai dan pemandangan orang lain terasa aneh.

Pantai Than Sadet adalah rumah bagi Sungai dan Air Terjun Than Sadet yang terkenal, tempat favorit Raja Chulalongkorn yang mengunjungi air terjun tersebut dilaporkan sebanyak 16 kali. Air terjun tersebut berasal dari aliran sungai yang mengalir menuruni gunung dan bermuara di sungai yang mengalir di sepanjang restoran resor dan bermuara di laut.

KE BELAJAR.  Di Mai Pen Rai, hutan adalah mal Anda

Apakah Anda lebih suka menghabiskan waktu bersantai di pantai, berjemur dengan minuman bersoda Sangsom (rum lokal Thailand) dingin di tangan, atau melakukan aktivitas yang lebih menantang seperti naik kayak ke pantai terdekat, mendaki jalur hutan, atau memancing di puncak gunung? bebatuan. lebih jauh lagi, Mai Pen Rai mengingatkan Anda bahwa meskipun kita hidup di dunia yang berfokus pada persaingan, kesuksesan, prestasi, dan perkembangan, pada akhirnya, yang tersisa hanyalah apa yang kita rasakan dan hubungan yang kita bangun dengan orang lain.

Tanpa kenyamanan modern, pembaruan status harian, dan feed berita, kita terpaksa melambat dan terhubung kembali dengan masa ketika kita tidak terlalu memperumit hidup kita dengan teknologi: kelangsungan hidup dalam bentuknya yang paling mendasar dan tidak berubah.

Hari ini aku kembali ke dunia nyata. Hiruk pikuk kehidupan kota – yang juga saya sukai – menyita rutinitas saya sehari-hari. Saya pergi bekerja, saya pulang ke rumah, saya bertemu teman-teman saya untuk bermalam di kota, saya menghabiskan akhir pekan bersama keluarga saya dan hidup berjalan seperti biasa.

SURGA DALAM BINGKAI.  Mai Pen Rai adalah kenangan yang saya lupakan dari waktu ke waktu

Namun ketika hiruk pikuk kota semakin mendominasi, saya tersenyum membayangkan tempat seperti Mai Pen Rai masih ada dan saya mungkin akan kembali lagi suatu hari nanti.

Tempat dimana alam dibiarkan suci dan tidak tersentuh oleh pembangunan yang berlebihan dan polusi; tempat di mana kehidupan yang serba cepat ini dapat terhenti – lebih dari sekadar kenangan akan lingkungan sekitarnya yang indah, Mai Pen Rai meninggalkan perasaan yang akan saya simpan selamanya:

Kehidupan itu menjadi paling indah ketika dipreteli hingga ke hal-hal mendasar. – Rappler.com