• September 20, 2024

(Bagian 1) Petualangan PH Backpacker Inggris: Pulag Sunrise

Ini adalah bagian pertama dari buku harian perjalanan backpacker Inggris Will Hatton yang mendokumentasikan perjalanan pertamanya ke Filipina. Ikuti petualangannya di Filipina di sini di Rappler.

Baca Bagian 1: Pulag matahari terbit

Bagian 2: Permainan di Sagada

Bagian 3: Tato oleh Whang Od, legenda hidup

Bagian 4: Jajanan Jalanan di Manila

Bagian 5: Malaikat Penjaga Pinoyku

Bagian 6: Pulau Kesepian dan Tuan GaGa

Tujuh ribu pulau dan perubahan…itulah yang diberitahukan kepadaku. Filipina telah menelepon saya selama bertahun-tahun, namun entah mengapa saya tidak pernah sampai di sana.

Selama bertahun-tahun saya telah melakukan perjalanan dengan anggaran terbatas, menumpang, selancar sofa, dan mengambil pekerjaan sambilan untuk mendanai gaya hidup saya.

Baru-baru ini saya menulis blog tentang pengalaman saya thebrokebackpacker.com berharap dapat menginspirasi orang lain untuk meninggalkan meja mereka, mengacungkan jempol, dan mulai bekerja.

Impian saya adalah menemukan negara yang sempurna untuk menetap dan akhirnya membuka tempat tinggal saya sendiri. Mungkin Filipina adalah pilihan yang tepat?

Saya tiba tanpa tahu apa yang diharapkan. Saya bahkan tidak punya panduan. Saya bertemu dengan sekelompok orang Filipina yang sangat antusias di Manila dan dengan tergesa-gesa mencatat semua yang mereka rekomendasikan untuk saya kunjungi.

Perjalanan ini akan menjadi sangat unik, saya tidak akan merencanakan apa pun, saya hanya akan pergi ke mana pun yang disarankan Filipina. Kami minum, kami bernyanyi, saya mencoba bungkus (semua orang bersikeras!) dan keesokan harinya saya naik bus ke Baguio. Pemberhentian pertama: Gunung Pulag.

Bangun

Udara beku merayap sepanjang malam saat aku merangkak lebih dalam ke dalam selimut yang membungkus tubuhku seperti kain kafan. Saya yang pertama naik, perkemahan baru saja mulai bergejolak. Itu adalah malam yang tidak nyaman, saya hampir tidak bisa tidur karena suhu turun dan kaki saya berubah menjadi balok es. Apakah itu sepadan? Saya tidak tahu apa yang diharapkan.

Aku berdiri terperangkap, bintang-bintang di atasku bersinar terang dalam kegelapan.

Saya melihat banyak langit yang menakjubkan, saya melihat bintang-bintang dari gurun Sahara, dari puncak Himalaya dan bahkan dari laut Karibia; belum pernah saya melihat bintang seterang bintang di atas Gunung Pulag. (BACA: Gunung Pulag: Selebihnya Pendakian)

Aku mengambil waktu satu menit lagi untuk merendamnya dan kemudian mencari-cari lampu depanku. Saya bersama seorang backpacker Pinoy yang rajin dengan jaket biru cerah dan pasangan Inggris yang sedang backpacking keliling Asia. Bersama-sama kami berangkat menuju kegelapan untuk mencari petualangan.

Rerumputan kotor menarik celanaku saat aku mengikuti jalan kasar keluar dari kamp dan menuju perbukitan. Saya bisa melihat garis besar Gunung Pulag di depan, menghalangi langit, muncul dari kegelapan seperti semacam monumen yang terlupakan. Saya hampir tidak dapat melihat sejauh tiga meter ke segala arah, namun teman Filipina saya, Jose, mendesak saya dan bersama-sama kami menyelam lebih jauh.

Secara berkelompok, kami menempuh jalan setapak, menerobos rerumputan yang menyembunyikan rute kami. Perlahan tapi pasti kami mulai mendaki. Puncak Gunung Pulag mengundang kita melewati hawa dingin menjelang fajar. (BACA: Matahari dan Bulan di Gunung Pulag)

Tiba hampir tanpa peringatan, jalan setapak itu berakhir begitu saja, membawa kami keluar dari puncak gunung tertinggi di Luzon. Kami berbalik dan melihat jejak cahaya redup, obor di kabut yang membentang melintasi padang rumput dan kembali ke lokasi perkemahan.

Bentuk-bentuk tak dikenal menari-nari dalam kegelapan saat matahari perlahan mulai terbit, masih tak terlihat, di kejauhan. Sambil menajamkan mataku, aku hampir bisa melihat apa yang tampak seperti lautan awan tak berujung.

Sekelompok orang tiba dan buru-buru mulai menyiapkan segala jenis peralatan fotografi: GoPro untuk timelapse, kamera untuk memotret matahari terbit, dan tentu saja tongkat selfie untuk ponsel mereka!

Hampir pada jalurnya, matahari terpaksa dan mulai terbit di kejauhan. Perlahan, pasti, pemandangan di bawahku terungkap.

Saya harus duduk dan mengatur napas.

Dataran awan putih halus tak berujung membentang sejauh mata memandang. Pola psikedelik berkelok-kelok di awan, matahari mewarnai segalanya dengan nuansa oranye, merah muda, dan emas. Seorang backpacker Pinoy duduk di sebelah saya dan tersenyum gembira. “Ini adalah hal paling menakjubkan yang pernah kulihat” bisiknya pelan.

Saya sendiri telah menjelajahi hutan beruap dan gurun tak berujung, puncak berbahaya dan gua misterius; tidak ada tantangan yang terlalu besar dalam pencarian saya untuk menyaksikan matahari terbit yang sempurna. (BACA: Jalur Akiki Mendaki Gunung Pulag)

Saya tidak pernah membayangkan bahwa matahari terbit sempurna yang saya cari akan muncul di sebuah gunung yang belum pernah saya dengar di negara yang baru saya datangi.

Saya membuat catatan mental; Saya harus berterima kasih kepada semua orang Filipina yang luar biasa yang telah menghubungi saya secara online dan menyarankan saya untuk mengunjungi tempat yang benar-benar indah ini.

Pemandangan dari Gunung Pulag di pagi yang beku itu mungkin merupakan hal paling menakjubkan yang pernah saya lihat. Awan berlari ke arah kami dan menghilang ke lembah terdekat, berjatuhan seperti sungai. Aku duduk dengan perasaan puas namun kedinginan, menyerap sinar pertama kehangatan matahari.

Saya iri pada wisatawan lain; mereka semua memiliki pakaian yang bagus dan tampak seksi!

Saya, sebaliknya, mengenakan pakaian sampah, selimut pinjaman, dan topi Minion – itu tidak terlihat bagus, tapi tidak masalah, saya melihat Lautan Awan!

Perlahan-lahan, dengan enggan kami mulai meninggalkan puncak berdua dan bertiga. Kembali ke perkemahan, saya bergabung dengan Jose dan beberapa temannya untuk menikmati sarapan lezat berupa sosis kecil, nasi, dan kopi hitam kental – yang saya perlukan untuk turun gunung dan kembali ke dunia nyata.

Aku mengemasi perlengkapanku dan bersiap untuk berangkat. Saya berhenti sejenak dan menoleh untuk melihat Gunung Pulag sekali lagi. Itu benar-benar tempat yang istimewa. Jika wilayah Filipina lainnya seperti itu, saya ragu apakah saya ingin pergi.

Dari Gunung Pulag, saya berencana menuju ke Sagada untuk menjelajahi peti mati gantung, gua yang berliku-liku, dan persawahan di kiblat backpacker yang terkenal ini.

Setelah itu, saya bertemu dengan beberapa teman orang Filipina yang membawa saya jauh ke wilayah Kalinga untuk bertemu Whang Od, di mana saya berharap bisa mendapatkan tato orang Filipina. Saya belum memutuskan desainnya, tapi ini adalah sesuatu yang sudah lama ingin saya lakukan.

Dari sana, saya sibuk berkompetisi dalam kompetisi airsoft untuk Manila (apakah saya menyebutkan bahwa saya sangat suka berlarian!?) sebelum terbang ke Palawan dengan harapan bisa bangun selama beberapa hari di pulau terpencil untuk berbaring. dipersenjatai dengan pisau terpercayaku dan tenda rusak…

Rasakan petualangan Filipina saya bersama saya di sini di Rappler, saat saya mendokumentasikan perjalanan pertama saya ke Filipina secara langsung. Doakan saya! – Rappler.com

Penulis dan fotografer. Petualang dan pengembara. Ahli push-up handstand. Penakluk gunung, penyintas gurun pasir, dan tentara salib untuk petualangan murahan. Will adalah seorang yang rajin menumpang, peselancar sofa, dan pemburu barang murah. Dia adalah pengikut setia Kuil Tinggi Backpackistan dan penemu pelukan pria yang bangga. Akan menulis blog tentang di thebrokebackpacker.com tentang petualangannya keliling dunia, kamu bisa mengikutinya Facebook dan seterusnya Twitter atau, jika Anda benar-benar baik hati, buruan dia di jalan untuk mendapatkan segelas bir nakal. Saat ini dia sedang berkeliling Filipina.