• September 23, 2024

Tolong jangan karantina saya

FUKUOKA, Jepang – Dalam beberapa jam, saya akan kembali ke Manila bersama dua jurnalis Filipina lainnya yang berpartisipasi dalam Konferensi Jurnalis Sains Dunia (WCSJ) dua tahunan di Seoul, Korea Selatan. Selain kemacetan lalu lintas di jalan raya Metro Manila, saya khawatir saya akan dikarantina saat petugas bandara melihat saya bersin atau mendengar saya batuk, terutama ketika mereka membaca pernyataan kesehatan saya bahwa saya berada di Seoul selama beberapa hari.

Saya menderita batuk dan pilek sebelum berangkat ke Korea Selatan minggu lalu. Obat flu yang dijual bebas bertahan selama beberapa jam, tapi kemudian saya kembali bersin dan menggonggong seperti anjing. Saya berusaha sebaik mungkin untuk merahasiakan infeksi saya dan memastikan untuk memakai masker sebelum turun dari pesawat ketika tiba di Bandara Incheon. Saya juga hanya bersin dan batuk ketika tidak ada orang yang melihat atau berada di dekatnya.

Di Korea, saya tidak ingin menarik perhatian… dayung.. infeksi virus saya karena saya mungkin dianggap pembawa MERS CoV (Middle East Respiratory Syndrome-Corona Virus). MERS merupakan penyakit yang menyerang sistem pernapasan. Gejalanya antara lain demam, batuk, dan sesak napas, serta dapat menular melalui kontak dekat dengan orang yang terinfeksi. Ini pertama kali dilaporkan pada tahun 2012 di Arab Saudi.

Namun saya cukup terkejut karena tidak semua orang di bandara sama paranoidnya dengan saya, bahkan di bus yang saya tumpangi ke hotel, atau jalan yang saya lalui sepanjang waktu di kawasan Gangnam di Seoul, saya tidak menginap.

Tapi paranoia saya tidak berakhir di situ.

Setiap pintu masuk mal memiliki pembersih tangan, bahkan kedai kopi – dan di Gangnam terdapat BANYAK kafe – juga menawarkan disinfektan untuk konsumen. Saya pikir karena saya sudah menderita infeksi virus yang mungkin membuat saya lebih rentan tertular MERS, saya harus melipatgandakan upaya saya dan menggunakan pembersih tangan sesering mungkin, dan memakai masker setiap saat.

Sampai saya menyadari bahwa saya sebenarnya bisa tetap tenang sambil tetap menjaga perhatian ekstra – kebersihan pribadi adalah prioritas utama. Saya harus memeriksa apakah ada rumah sakit terdekat juga, hanya untuk memastikan kecil kemungkinan saya tertular infeksi mematikan tersebut.

Kasus MERS pertama di Korea Selatan terdeteksi pada 20 Mei setelah maskapai tersebut melakukan perjalanan ke Arab Saudi. Dalam beberapa minggu, virus ini menyebar dengan cepat, menginfeksi 126 orang di negara tersebut, dengan 11 kematian pada 12 Juni. Lebih dari 3.000 orang masih dikarantina.

Meskipun saya selalu menyimpan persediaan masker di tas, saya berjalan dari hotel ke area konferensi setiap pagi tanpa mengenakannya. Saya mengamati orang-orang, apakah ada stigma, dan apakah mereka yang memakai masker didiskriminasi. Setidaknya, di area tempat saya tinggal, semuanya tampak baik-baik saja. SMA Kyunggi, yang terletak di atas bukit sekitar dua blok dari area konferensi (COEX), terbuka. Samsung Medical Center, tempat kasus MERS pertama didiagnosis di Korea Selatan, berjarak sekitar 30 menit dari hotel tempat saya naik bus, sehingga kemungkinan kami melakukan kontak dekat dengan siapa pun yang mengidap virus tersebut sangat kecil.

Rabu pagi dua dokter Korea menghilangkan ketakutan terhadap MERS, mengatakan bahwa jumlah kasus terkonfirmasi menurun tajam, dan masyarakat dapat melanjutkan aktivitas normal. Mereka juga mengatakan virus itu tidak mungkin menular di lingkungan masyarakat seperti kereta bawah tanah, restoran, dan pusat perbelanjaan. Kabar baik lainnya yang mereka laporkan adalah jenis virus yang diambil dari individu yang pertama kali didiagnosis tidak bermutasi dari jenis virus yang pertama kali terlihat di Arab Saudi.

Meskipun para dokter Korea mengakui bahwa ada kemungkinan kesalahan dalam cara pemerintah menanggapi beberapa kasus pertama, mereka mengatakan bahwa mereka mampu membendung virus tersebut. Mereka mengatakan bahwa mereka diperlengkapi sepenuhnya untuk memberikan perawatan medis yang memadai bagi orang-orang yang terinfeksi.

Sementara itu, ketika ada yang bertanya apakah masyarakat harus melepas masker, mereka mengatakan bahwa masyarakat harus didorong untuk memakai masker, setidaknya untuk menghilangkan stigma terhadap orang yang mungkin memiliki gejala.

Saya masih tidak memakai masker setelah itu.

Menjadi pusat wabah virus yang kontroversial dapat menjadi liputan yang menarik bagi jurnalis sains. Menghadirkan WCSJ di tempat dimana terjadi wabah adalah waktu yang tepat untuk setidaknya mengklarifikasi ketakutan MERS yang merajalela di media internasional.

Secara pribadi, saya merasa ironis ketika mengetahui bahwa beberapa peserta dan pembicara tidak bisa datang ke Seoul karena larangan perjalanan dari negara mereka. Seorang jurnalis dari Sierra Leone menghabiskan waktu berhari-hari di karantina untuk mendapatkan visa ke Korea karena pihak berwenang ingin memastikan dia tidak terjangkit Ebola. Ketika dia kembali ke negaranya, dia juga akan dikarantina, kali ini karena MERS.

Saat kami pergi ke Bandara Incheon tempo hari, tidak semua pegawai bandara dan petugas imigrasi memakai masker. Hal ini sedikit meyakinkan bagi masyarakat bahwa keadaan sudah normal, terutama bagi mereka yang tidak begitu yakin apakah mereka harus memakai masker atau tidak.

Bagi saya, saya lega akhirnya meninggalkan Korea hari itu.

Di Bandara Fukuoka di Jepang terdapat pemindai suhu. Untungnya, saya tidak mengalami demam ketika kami tiba, sehingga dapat dengan mudah menimbulkan kecurigaan bahwa saya mungkin membawa virus MERS yang mematikan. Lagi pula, saya tidak pernah demam selama saya tinggal di Korea.

Saya cukup yakin saya harus menulis “batuk” di dokumen deklarasi kesehatan ketika saya tiba di Manila, dan menambahkan bahwa saya datang dari Korea Selatan dua hari yang lalu. Tapi kalau saya tidak demam, setidaknya saya bisa melewati imigrasi dan beraktivitas normal, bukan? – Rappler.com