• October 5, 2024

DALAM FOTO: Tur Kuliner Beijing

Baru-baru ini, saya melakukan perjalanan singkat ke Beijing, ibu kota Republik Rakyat Tiongkok. Ini adalah salah satu kota terpadat di dunia, dengan populasi lebih dari 20 juta orang, hampir dua kali lipat populasi Metro Manila.

Ini adalah perjalanan pertama saya ke Tiongkok. Terlepas dari kenyataan bahwa Beijing adalah salah satu kota dengan polusi paling tinggi di dunia, saya sangat menikmati mengunjungi tempat-tempat bersejarah. Di urutan teratas daftar adalah Tembok Besar Tiongkok. Ada 3 jalur gunung yang terkenal dan kami berhasil mencapai jalur yang terletak di Distrik Changping. Yang disebut Cloud Platform dibangun pada tahun 1342 di Lembah Guangou sepanjang 18 kilometer.

Lapangan Tiananmen, alun-alun kota terbesar keempat di dunia (sebagai perbandingan, 12 kali lebih besar dari Lapangan Merah di Moskow), juga masuk dalam daftar tujuan. Meski terbuka untuk umum, namun pengamanannya tetap ketat. Sebelum masuk, pengunjung dan barang-barang mereka digeledah, sebuah praktik umum di banyak lokasi wisata Tiongkok.

Ada beberapa tempat menarik lainnya di Beijing: Kuil Surga, Stadion Nasional, Museum Sejarah Alam, Makam Ming, Kuil Lama, Pusat Seni Pertunjukan Nasional, Istana Musim Panas, Menara Lonceng dan Genderang, serta Kebun Binatang Beijing.

Namun yang membuat perjalanan ini lebih berkesan adalah kami menginap di berbagai restoran yang menyajikan makanan menakjubkan. Masakan Tiongkok dikatakan mencakup gaya yang berasal dari berbagai daerah di Tiongkok, serta dari orang Tionghoa di belahan dunia lain.

Perjalanan dari Filipina ke Beijing memakan waktu sekitar lima jam. Karena kami meninggalkan Manila pada pukul 7:15 pagi, waktu sudah menunjukkan pukul 1 siang ketika kami tiba di ibu kota Tiongkok. Kami sudah lapar, jadi kami bergegas ke Restoran Huajia Yiyuan yang terletak di Distrik Dongcheng.

Restoran ini memiliki semuanya – lokasi, arsitektur, karakter, makanan lezat, dan layanan hebat. Kompleks ini memiliki pesona istana kuno: halaman menembus ruang makan. Masakan Keluarga Hua, yang diciptakan oleh kepala keluarga, meneruskan tradisi kuliner yang sudah lama ada dan mapan.

Secara total, kami mencicipi lima belas hidangan: kuning telur dengan daging sapi gulung, bebek gulung dengan jamur potong dadu, ayam potong dadu ala Gongbao, tumis terong dengan saus abalon, tahu rebus dalam ember, mie tumis ala Hua, roti gulung ala Hua pai, kacang Perancis goreng kering dengan daging babi cincang, sup sayuran dengan irisan daging babi dan jamur, nanas asam manis goreng, bakso tumis, tauge dan bayam dalam telur gulung, pinggang asam manis goreng, ditumis dada ayam.

Ini untuk makan siang. Untuk makan malam, kami pergi ke Restoran Bebek Panggang Da Dong di barat daya Jembatan Dongsi Shitiao di Nanxincang. Antrean malam di luar restoran seluas 4.500 meter persegi ini semuanya tentang bebek, namun masih ada lagi menu khas Beijing.

Bebek panggang 'super ramping' Da Dong

Restoran dengan CNN menawarkan banyak hidangan lainnya, yang sebagian besar sangat lezat. Pertimbangkan yang berikut ini: cherry foie gras, iga babi manis, rebung, croaker kuning dalam aspic, tahu, camilan tradisional Beijing, sup lobster kerapu macan tutul, udang goreng dengan saus pedas, kerang goreng dengan saus jamur Yunnan, tumis bebek dan chestnut renyah sarang, tumis rebung dengan dompet gembala, bebek panggang “super ramping” Da Dong, puding yogurt.

Kerang Goreng dengan Saus Jamur Yunnan

Tumis bebek dan chestnut di sarang yang renyah

Yang benar-benar menarik perhatian semua orang adalah udang danau dalam teh musim semi. “Bagaimana kalau kita minum teh?” kami bertanya kepada pelayan. Dia bertanya-tanya, menatap kami dan berkata, “Tidak, makan saja udangnya.”

Pada hari kedua, kami makan siang di Restoran Tangrenfu. Kami tidak tahu banyak tentang restoran yang terletak di Changping, Jalan Zhengfu ini. Tapi di sini kami mencoba dua belas hidangan baru.

Pertimbangkan ini: ayam panggang, ikan rebus, daging babi rebus, tiga kelezatan dan tahu rebus, tumis tenderloin daging sapi (gaya pedesaan), terong goreng dengan kecap, iga babi goreng dan jamur, osmanthus fragans goreng dan conpoy, tumis cumi dan seledri, aduk -lobak goreng, dan sup bebek. Kami memakannya dengan nasi.

Tumis cumi dan seledri

Untuk makan malam kami, kami pergi ke Capital M di Qianmen Avenue. Ini adalah andalan Beijing milik pemilik restoran Australia, Michelle Garnaut; setiap incinya sama dengan bintang Shanghai-nya, M on the Bund. Peralatan makan timbul, permadani impor Nepal, layanan VIP, dan perapian terbuka yang unik menyatukan semuanya dalam harmoni yang glamor.

Karena kami masih kenyang setelah makan siang, kami hanya memesan salad Elizabethan (daun lembut dan rempah segar yang dilapisi jeruk dan almond, roket, sippets, dan kentut)

salad Elizabeth

dan steak Diane (fillet daging sapi dengan saus mustard brendi). Kami juga memiliki Pavlova-nya yang sangat terkenal.

Steak Diane

Pada hari ketiga, kami makan siang di Din Tai Fung, yang masuk dalam peringkat 10 restoran terbaik dunia menurut Waktu New York pada tahun 1993. Dalam jajak pendapat yang dilakukan pada tahun 2013 oleh situs Amerika Daily Meal, restoran ini dinobatkan sebagai Restoran Teratas dari 101 Restoran Asia Terbaik.

Hidangan khas di jaringan restoran Taiwan yang terkenal dan terkenal ini adalah xiao lang bao yang presisi, pangsit sup lezat yang dibungkus dengan tangan dan dimasak dalam kukusan bambu.

Ini pangsit yang sedikit berbeda:

Xiao panjang bao

Selain itu, kami juga memesan tahu buncis dengan rumput laut dan tauge, bebek rebus dengan saus buatan sendiri, sup asam pedas, kacang hijau goreng dengan udang segar, dan nasi goreng dengan udang dan telur. Kami menutupinya dengan kombinasi es salju.

Bebek rebus dengan saus buatan sendiri

Ya, kami bersenang-senang berkeliling Beijing. Tidak hanya itu, kami juga merasa senang menyantap apa yang ditawarkan kota ini – dalam hal masakan Cina. – Rappler.com

Semua foto oleh Henrylito D. Tacio

Henrylito D. Tacio adalah jurnalis pemenang penghargaan yang tinggal di bagian selatan Filipina. Ia mengkhususkan diri dalam pelaporan tentang sains, lingkungan, kedokteran, pertanian, dan fitur perjalanan