• October 8, 2024

Cara pengisian PSS Kualifikasi Piala Dunia Azkals

MANILA, Filipina – Azkal Filipina memulai kampanye kualifikasi Piala Dunia FIFA 2018 pada 11 Juni dengan pertandingan kandang melawan Bahrain. Diputuskan bahwa kami akan mempertahankan kandang kami, bukan lapangan karet kandang kami, dan pertandingan akan berlangsung di lapangan hijau alami Stadion Olahraga Filipina di Bocaue, Bulacan, dan bukan di permukaan buatan Rizal Memorial.

Sekilas, ini tampak seperti ide yang buruk, mengingat kehadiran pertandingan Azkals baru-baru ini di Rizal Memorial tidak mengesankan. RMS memiliki sekitar 12.500 kursi, namun dalam pertandingan kandang paling penting dalam sejarah, leg pertama semifinal melawan Thailand Desember lalu, terdapat ratusan, bahkan mungkin ribuan, kursi kosong.

PSS berkapasitas 25.000 orang dan terletak 36,8 kilometer dari sudut Ayala dan EDSA. Kita bertanya-tanya apakah kita hanya menipu diri sendiri dengan percaya bahwa kita bisa memenuhi van itu dengan penggemar fanatik Azkals melawan Bahrain.

Stadion yang penuh akan menjadi tantangan yang sulit, tetapi hal itu mungkin terjadi. Berikut adalah saran tentang bagaimana kita dapat melakukannya dengan benar.

Dapatkan harga tiket yang tepat. Lewatlah sudah hari-hari ketika Azkal bisa mendapatkan keuntungan besar dari penjualan tiket. Masih ingat dengan laga LA Galaxy tahun 2011? Kursi termahal harganya P15.000 dan yang termurah P2.000 Rekan saya Roy Moore menulis artikel bagus dua tahun lalu tentang bagaimana harga tiket di negara kita lebih mahal dibandingkan negara tetangga kita, meskipun banyak dari negara-negara tersebut adalah negara sepak bola .

Menurut saya, tiket termurah untuk 11 Juni adalah P50. Benar, lima puluh peso. Ini adalah setengah harga tiket anggaran sebelumnya untuk pertandingan Azkals. Saya kira itu masuk akal karena ini menggantikan perjalanan yang sulit dan memakan waktu untuk sampai ke Bocaue, ditambah tol NLEX jika Anda naik mobil.

Itu P45 di persimpangan Smart Connect dari Mindanao Avenue dan kemudian P56 lagi untuk kembali. Ditambah lagi, jumlah kursi di PSS dua kali lebih banyak dibandingkan di RMS, jadi secara teori, Anda bisa mendapatkan jumlah yang sama dengan tiket setengah harga.

Selama kami memiliki tiket P50, Anda dapat membuat zona tiket lainnya dengan harga berapa pun yang Anda inginkan.

Penyelenggara harus memiliki pola pikir bahwa menciptakan keributan untuk mendukung Azkal sama pentingnya, atau bahkan lebih penting, daripada mendapatkan keuntungan yang layak dari penerimaan gerbang.

Dibutuhkan dorongan media tradisional. Menurut pendapat saya, salah satu masalah terbesar dengan game ini adalah orang-orang tidak mengetahuinya. Penggemar biasa Pinoy yang dapat dibujuk untuk menonton permainan tersebut tidak tahu bahwa hal itu sedang terjadi. Dia kemungkinan akan belajar beberapa hari sebelum pertandingan dimulai.

Saya ingin melihat beberapa Azkal muncul di beberapa acara sore hanya untuk menyambungkan permainan. Saya pikir kehadiran hanya satu papan reklame di EDSA yang mengiklankan kualifikasi akan memberikan banyak manfaat. Penulis olahraga sepak bola dapat mulai menulis tentangnya sejak sekarang.

Nama permainannya adalah kesadaran. Ini harus dipromosikan seperti pertarungan Manny Pacquiao.

Pertandingan ini diadakan pada malam kerja, jadi jika kami ingin pekerja hadir, mereka harus mempelajari permainan tersebut sekarang dan mengirimkan formulir cuti mereka ke supervisor mereka. Yang membawa saya ke poin berikutnya…

Targetkan siswa dengan tiket gratis. Tanggal 11 Juni adalah waktu dimulainya sekolah. Untungnya, beberapa sekolah, seperti UP, sudah beralih ke kalender sekolah ASEAN dan baru akan dimulai pada bulan Agustus.

Namun meskipun siswa ada di sekolah pada hari itu, beberapa siswa, terutama siswa perguruan tinggi, akan memiliki jadwal kelas yang memungkinkan mereka untuk mengetahui tindakan tersebut. Pertandingan dimulai pukul 20:00.

Saran saya begini: biarkan satu blok tiket disediakan untuk siswa. Mungkin lima ribu tiket, atau bahkan lebih. Umumkan secara online bahwa setiap siswa sekolah menengah atau perguruan tinggi yang datang ke kantor PFF dengan kartu identitas sekolah yang valid dari tahun ajaran ini atau tahun sebelumnya akan mendapatkan tiket gratis. Heck, kita harus memberi mereka dua saja.

Kecintaan terhadap sepak bola sering kali dimulai sejak usia muda. Mari kita manfaatkan ini saat kami mencoba mengemas PSS pada 11 Juni.

Tawarkan transportasi gratis. Tanpa mobil, menuju PSS sungguh menyebalkan. Anda dapat pergi ke stadion dengan naik bus ke Santa Maria, Bulacan, kota di utara fasilitas tersebut. Namun dari sana Anda perlu menyewa sepeda roda tiga untuk mengantar Anda sejauh tiga kilometer ke selatan menuju PSS. Jangan tanya saya bagaimana cara pulang ke rumah pada malam hari. Saya tidak tahu.

Saya berharap bus bisa diatur untuk fans yang tidak bisa membawa mobil. Gunung Api Filipina melakukan ini dengan sangat efektif selama dua pertandingan mereka di PSS untuk Kejuaraan Rugbi Asia. Namun untuk permainan Azkals perlu dilakukan dalam skala yang lebih besar.

Saya harap teman-teman kita di Ceres bisa menyiapkan sesuatu. Kalau tidak ada bus gratis dari dan ke stadion, paling tidak bus murah atau bersubsidi.

Perusahaan bus dan tur bahkan dapat membuatkannya satu paket, dengan tiket, transpo, merienda/makan malam/minuman, dan mungkin barang bersponsor seperti syal, kipas angin, atau kaos bersponsor. Ini adalah kesempatan bagi orang untuk berkreasi.

Saat berada di sana, pihak penyelenggara juga harus mengumumkan jalur alternatif keluar dari venue. Anda sebenarnya bisa berbelok ke kanan setelah ke utara lalu pergi ke belakang stadion untuk sampai ke pintu keluar NLEX Marilao melalui Jalan Patubig.

Jalan menuju NLEX melalui Santa Maria bisa menjadi sangat padat setelah acara besar karena sebagian besar berupa dua jalur. Ada cerita horor tentang orang-orang yang pulang ke rumah pada jam 3 pagi setelah konser Katy Perry di Philippine Arena.

Jual satwa liar sebagai bagian dari liburan akhir pekan yang panjang. Keesokan harinya adalah hari kemerdekaan, jadi tidak ada kerja atau sekolah. Mungkin penggemar dan keluarga dapat melakukan ini: menonton pertandingan lalu berkendara ke pantai atau resor lain di utara? Membunuh dua burung dengan satu batu.

Promosi mulut ke mulut yang baik menggunakan media sosial akan sangat membantu. Di sinilah kita semua bisa mengambil tindakan.

Kami membutuhkan penggemar Azkals untuk memberi tahu semua orang tentang game ini. Itu harus di-tweet, diposting di Facebook, diposting di Instagram dan juga dibagikan secara langsung. Cara kuno mungkin masih menjadi cara terbaik untuk memastikan setiap kursi terisi.

Tidak akan cukup jika hanya penggemar berat yang muncul. Kami membutuhkan penggemar biasa dan non-penggemar untuk menemukan kegembiraan dalam mendukung tim sepak bola nasional kami.

***

Ini pertandingan besar. Sebuah permainan persimpangan jalan. Tim ini berhak mendapatkan tiket terjual habis untuk memberi mereka nilai 12 yang solidst kawan, terutama karena ini untuk mendapat tempat di panggung terbesar sepak bola: Piala Dunia FIFA.

Ini juga merupakan pertandingan pertama kami dari pertarungan delapan pertandingan yang sulit melawan tim-tim hebat seperti Uzbekistan, Bahrain, Korea Utara, dan Yaman. Memulai dengan cepat sangatlah penting.

Lima hari setelah pertandingan Bahrain, kami bermain melawan Yaman di Qatar. (Perang saudara membuat pertandingan ini tidak mungkin diadakan di Yaman.) Saya tidak tahu berapa banyak orang Yaman yang tinggal di Qatar, tapi saya yakin ada banyak orang Pinoy di sana. Kami sebenarnya bisa menjalani dua pertandingan kandang berturut-turut.

Jika kami meraih kemenangan atau hasil imbang di pertandingan kesebelas dan kemudian mendapatkan hasil di Doha, maka tim akan percaya diri penuh untuk enam pertandingan tersisa.

Tim ini membutuhkan keuntungan besar di kandang melawan Bahrain, yang kami kalahkan 2-1 di Riffa pada 30 Maret lalu. Kami harus memberikan tekanan kepada para pengunjung agar impian Rusia tetap hidup di tahun 2018.

Kekuatan Spanyol, Valencia, mencari terobosan di Filipina.

Kamis lalu, kami duduk bersama Andy Yun, kepala penjualan di Asia untuk Valencia CF, tim yang duduk di urutan keempat tabel La Liga Spanyol.

Yun adalah warga negara Singapura, begitu pula pemilik mayoritas Valencia, Peter Lim. Yun mengatakan Valencia ingin memperluas paparan tim muda mereka, (usia rata-rata adalah 23 tahun) di seluruh dunia, dan juga bermitra dengan klub Filipina untuk meningkatkan sepak bola remaja dengan memperkenalkan metodologi pengajaran sepak bola kelas dunia di sini.

Yun mengatakan mungkin saja beberapa pemain muda Pinoy yang sangat berbakat bisa bersekolah di akademi populer Valencia.

Kabar baik lainnya untuk sepak bola di Filipina.

Ikuti Bob di Twitter @PassionateFanPH.