• September 22, 2024

Petualangan Damai: Stand-up Paddleboarding di Bohol

Kehidupan seorang koki bukanlah seperti berjalan-jalan di taman. Meskipun saya menikmati aspek kreatif dari pekerjaan dan mengembangkan resep baru, ada kalanya tingkat stres saya berada di luar batas. Menjalankan bisnis makanan memiliki suka dan duka. Meskipun bermanfaat, hal ini melibatkan banyak pemecahan masalah, pemadaman kebakaran, dan penanganan kemunduran.

Setelah 3 minggu berturut-turut tanpa mengambil cuti kerja, saya merasa lelah dan tidak bersemangat. Saya perlu memperlambat dan mengambil istirahat sejenak dari semua kekacauan dan tanggung jawab.

Berbeda dengan orang yang minum dan pergi ke bar untuk bersantai, versi saya untuk bersantai dan bersenang-senang adalah melakukan wisata alam. Ada sesuatu tentang dikelilingi pepohonan, gunung, dan bunga yang menyehatkan jiwa.

Seperti yang pernah ditulis oleh penulis spiritual terkenal Eckhart Tolle: “Kita tidak hanya bergantung pada alam untuk kelangsungan hidup fisik kita. Kita juga membutuhkan alam untuk menunjukkan jalan pulang, jalan keluar dari penjara pikiran kita sendiri.”

Saya memutuskan untuk melakukan riset tentang di mana petualangan luar ruangan saya selanjutnya. Setelah membaca beberapa blog perjalanan lokal, saya menemukan bahwa Sungai Loboc di Bohol adalah salah satu tempat terbaik di Filipina untuk stand-up paddleboarding, yang juga dikenal sebagai SUP.

Jika Anda belum pernah mendengar olahraga air ini sebelumnya, ini adalah perpaduan antara selancar dan kayak. SUP mungkin tampak menakutkan pada awalnya, tetapi setelah Anda terbiasa, aktivitas ini sebenarnya sangat menenangkan. Ini juga merupakan cara yang menyenangkan untuk membakar kalori dan menjadi bugar.

Karena saya tidak memiliki papan, saya memesan perjalanan berpemandu dengan SUP TOURS, pelopor tur SUP di Filipina. Paket setengah hari mereka termasuk transfer semalam, pemandu berkualifikasi, penyewaan papan, dan makan siang di tepi sungai.

Untuk akomodasi di Bohol, saya memilih untuk menginap di Loboc River Resort karena tarif kamar yang terjangkau dan lokasi tepi sungai yang sempurna. Ini mungkin bukan hotel bintang 5, tapi tetap saja indah. Saya suka bagaimana resor menawan ini dibangun berdasarkan alam, dengan banyak pepohonan dan taman yang luas. Ini memiliki kolam renang yang bagus dan dek pemandangan yang menghadap ke sungai.

Saya sangat senang dengan kamar dengan pemandangan hutan yang saya dapatkan. Itu luas, bersih dan memiliki balkon sendiri.

Resor ini juga memiliki restoran indah yang menghadap ke sungai bernama Venia’s Kitchen. Meskipun sebagian besar menyajikan makanan Filipina, saya terkejut melihat menunya mencakup berbagai hidangan sehat.

Untuk makan siang, saya memesan fillet blue marlin panggang dengan tambahan adobong kangkung. Ikannya enak dan dipanggang dengan sempurna, dan saya mencucinya dengan shake nanas malunggay yang menyegarkan.

Untuk makan malam, saya mencoba hidangan Boholano bernama law-oy, sup sayuran organik campuran labu, malunggay, terong, okra, dan kacang panjang. Lezat!

Pada hari pertamaku di resor, aku memutuskan untuk bersantai saja. Saya dipijat, berjalan-jalan di halaman, dan sekadar menikmati tanaman hijau subur. Tepat sebelum matahari terbenam, saya menyewa kayak selama satu jam dan mendayung santai di sepanjang sungai yang tenang.

Keesokan harinya saya mengisi energi dengan sarapan yang lezat sebelum tur SUP yang telah lama ditunggu-tunggu. Saya pesan danggit renyah, dengan telur orak-arik, nasi bawang putih, kopi tubruk, mangga segar. dan satu sisi pancake. Itu dilapisi dengan indah dan pasti tepat sasaran. Saya tidak percaya bahwa makanan mewah itu gratis.

Pukul 07.30 saya dijemput oleh sopir penjual eceran dan diturunkan di Fox and Firefly Cottages, sebuah resor pedesaan yang dioperasikan oleh SUP TOURS. Saya disambut oleh pemiliknya, seorang Belgia berbahasa Tagalog bernama Frederic, yang memberi saya surat pernyataan untuk menandatangani. Setelah membayar biaya paket, saya diperkenalkan dengan pemandu wisata saya yang cerewet dan sangat menghibur, Troy.

Karena saya sudah paham dengan dasar-dasar SUP, saya memilih untuk melewatkan kursus pengantar. Saya melompat ke papan dengan percaya diri dan mulai menjauh. Dan tepat pada saat itulah aku tahu aku telah meninggalkan masalahku.

Saat saya mendayung melewati air yang tenang dan berwarna hijau susu, saya merasakan kecemasan saya hilang. Saya mendengar kicauan burung-burung eksotis dan gemerisik dedaunan tertiup angin. Pikiranku terdiam, dan yang terpikir olehku hanyalah apa-apa. Saya hadir, sadar dan bersyukur berada di bawah langit biru cerah.

Kami melewati kanopi pepohonan yang tiada habisnya, tumbuhan air yang unik, hutan bakau, dan mata air tawar yang jernih. Untuk grand final kami berhenti di sebuah air terjun yang megah. Seluruh pengalaman SUP sungguh menakjubkan dan sungguh luar biasa.

Setelah 4 jam aktivitas berat saya kelaparan. Jadi bisa dibayangkan betapa senangnya saya ketika Fox dan Firefly kembali dan disambut dengan perayaan yang menggiurkan. Olahan sehatnya terdiri dari air kelapa tempurung, sop munggo dengan malunggay, afritada daging sapi, nasi putih, dan sepiring buah segar.

Saya meninggalkan Bohol dengan senyuman puas dan syukur di hati. Dua hari yang saya investasikan untuk kesehatan mental dan fisik saya bernilai setiap sennya. Saya sangat setuju dengan pepatah bahwa “perjalanan adalah satu-satunya hal yang Anda beli yang membuat Anda lebih kaya.” Saya merasa diberdayakan, diremajakan, dan siap menghadapi tantangan baru di masa depan.

Berikut beberapa tips perjalanan yang perlu diperhatikan sebelum mengikuti tur SUP di Bohol:

• Pastikan Anda mengonsumsi sarapan sehat yang tinggi protein dan karbohidrat kompleks untuk peningkatan energi jangka panjang.
  • Kenakan topi. Anda akan mendayung di bawah terik matahari selama berjam-jam.
  • Minum banyak air untuk mencegah dehidrasi. Pemandu wisata membawa pendingin dengan air kemasan.
  • Kenakan tabir surya dengan SPF tinggi untuk melindungi kulit Anda.
  • Bagi wanita, kenakan pelindung ruam. Anda mungkin bertemu dengan orang-orang yang bertindak seolah-olah mereka belum pernah melihat wanita berbikini sebelumnya. Saya mempelajarinya dengan cara yang sulit.
  • Bawalah kamera tahan air atau tas tahan air untuk ponsel Anda, dengan ransel kecil atau kantong ikat pinggang.
  • Lakukan peregangan sebelum melangkah keluar untuk menghindari kram otot dan cedera.
  • Jika kamu terjatuh, jangan malu. Tertawa saja. Anda akan senang Anda mampir karena panasnya.

Selamat bersenang-senang! – Rappler.com

Barni Alejandro-Rennebeck adalah salah satu pemilik layanan pengiriman makanan diet/sehat The Sexy Chef dan juga penulis terlaris buku masak gaya hidup sehat dengan nama yang sama. Untuk mengetahui lebih banyak tentang penawaran mereka, kunjungiinixychef.phikuti Twitter @thesexychefph dan IG @thesexychef.