• October 7, 2024

Berenang, makan, tetap bugar di Baler

Saat suamiku menanyakan apa yang kuinginkan untuk ulang tahunku tahun ini, aku mengajaknya jalan-jalan bersama keluarga ke Baler, Aurora. Saya telah melihat foto-foto indah destinasi selancar terkenal ini di Facebook, namun perjalanan panjang selama 6 jam dari Manila selalu membuat saya patah semangat untuk melakukan perjalanan tersebut. Saya juga takut mobil kecil saya tidak bisa bertahan di jalanan bergelombang dan berkelok-kelok karena sedang musim hujan.

Sisi petualangan saya membuat saya terus maju. Saya membaca di beberapa blog travel bahwa tidak perlu kendaraan 4×4 untuk sampai ke sana asalkan melalui jalur Pantabangan yang lebih jauh namun lebih aman.

Untungnya, cuacanya bagus di hari ulang tahunku, dengan langit cerah dan tidak ada setetes hujan pun. Kami mengemasi mobil dan meninggalkan Manila pada jam 6 pagi dan tiba di Baler 7,5 jam kemudian. Kami akan tiba lebih cepat jika kami tidak berhenti untuk makan.

Resor yang kami pilih untuk menginap adalah Costa Pacifica. Setelah sekian lama berada di jalan, saya merasa lega dan senang bisa sampai di resor yang begitu indah. Kamar kami dirancang dengan penuh selera, luas dan memiliki beranda pribadi dengan pemandangan Pantai Sabang yang spektakuler. Mau tidak mau aku melompat kegirangan di tempat tidur king size yang besar dan nyaman.

Orang lain pasti tergoda untuk duduk di kamar hotel sepanjang hari dan bersantai, tapi bukan saya. Saya lebih suka menghabiskan liburan saya dengan melakukan aktivitas di luar ruangan.

Pada hari pertama kami di resor, saya dan suami saya Bernd mengajak putri kami berenang. Dia sangat senang bermain-main di kolam anak-anak.

Setelah seharian berenang, kami kelaparan, jadi kami pergi ke restoran hotel. Saya senang karena menunya memiliki banyak pilihan sehat. Saya memesan “Catch of the Day”, yaitu tuna panggang, dan ensaladang pako.

paku atau pakis fiddlehead tumbuh subur di daerah Aurora. Biasanya dimakan mentah dan disiapkan sebagai salad atau tumis dengan nikmat baler Longganisa.

Saya sangat terkejut karena putri saya yang berumur satu setengah tahun juga menikmati makan sayuran berdaun hijau yang padat nutrisi. Mereka yang rendah hati paku kaya akan kalsium, zat besi, fosfor dan vitamin A dan B.

Pada hari kedua kami ingin berselancar tetapi tidak ada gelombang besar. Lautnya datar dan tenang. Instruktur selancar hotel mengatakan kepada saya bahwa ombaknya pasti sudah cukup saat ini.

Saya cukup kecewa karena selancar berada di urutan teratas daftar tugas saya. Untungnya, Baler memiliki banyak aktivitas menyenangkan lainnya yang ditawarkan seperti trekking air terjun, bersepeda, dan sekadar mengunjungi landmark setempat.

Bernd dan saya kemudian memutuskan untuk melakukan tur sehari penuh di Baler, yang telah kami pesan melalui hotel. Anda juga dapat menyewa sopir sepeda roda tiga untuk mengantar Anda ke semua tempat, yang merupakan alternatif yang lebih terjangkau.

Sebelum berangkat, saya mengisi tenaga dengan sarapan yang lezat. Prasmanan yang datang dengan kamar kami adalah pesta yang menggiurkan. Ini menyajikan wafel, pancake, bacon, sosis, berbagai keju, dan banyak lagi hidangan mewah lainnya.

Meskipun aku ingin melahap dan memakan segala sesuatu yang terlihat, aku tidak ingin merasa terlalu kenyang sebelum berjalan. Saya memilih makanan yang lebih sehat seperti dilis kupu-kupu dengan telur goreng, nasi, dan ensaladang pako favorit saya.

Perhentian pertama kami adalah Air Terjun Ditumabao. Pemandangan hijau subur membuatku serasa berada di lokasi syuting film Indiana Jones atau Penjarah Makam. Untuk sampai ke Air Terjun Induk, kami berjalan kaki sekitar 45 menit, meliputi melintasi jembatan bambu reyot, memanjat bebatuan, dan melewati perairan dalam.

JATUH YANG LUAR BIASA.  Santai dan terimalah

Pendakiannya cukup mudah, tapi pastikan Anda memakai sandal yang nyaman dengan tapak yang bagus karena bebatuannya cukup licin.

Kegiatan kami selanjutnya adalah menjelajahi pohon baleet terbesar di Asia yang disebut Pohon Milenium. Usianya 600 tahun dan tingginya mencapai 200 kaki. Dengan sedikit biaya, salah satu pemandu lokal mengambil foto kami sedang memanjat dan melewati pohon besar tersebut. Saya terkejut betapa hebatnya hasil fotonya.

MENDAKI SENDIRI.  Balet yang hebat

Karena kami ingin kembali ke hotel lebih awal agar putri kami bisa berenang lagi, kami singgah sebentar saja di Bukit Ermita dan Kepulauan Lukso-Lukso. Kedua tempat tersebut memiliki pemandangan gunung dan laut yang indah.

PEMANDANGAN YANG LUAR BIASA.  Datanglah untuk melihat pemandangan yang menakjubkan

Pada hari terakhir kami di Baler, Bernd dan saya mengikuti tur kota sepeda kami sendiri. Kami mengunjungi Museo de Baler, rumah leluhur dan bersepeda di sepanjang kawasan pejalan kaki. Bagi saya, bersepeda adalah cara paling intim dan termurah untuk berkeliling kota. Belum lagi, ini juga latihan yang bagus!

Sebelum berangkat ke Manila, kami mampir ke toko Home Pasalabong milik Nanay Pacing. Saya mendengar dari penduduk setempat bahwa dia membuat selai kacang terbaik.

Produk Nanay Pacing yang tak tertandingi semuanya alami, bebas bahan pengawet, dan bebas lemak. Tidak ada genangan minyak yang biasanya ditemukan di atasnya saat Anda membuka toples selai kacang komersial. Rasanya keluar dari dunia ini. Saya tergoda untuk memakan seluruh toples dengan menyendok kebaikan krimnya dengan jari saya.

Lebih bagus lagi jika dipadukan dengan Suman de Baler.

Suman de Baler yang kami beli dari kios pinggir jalan dalam perjalanan kembali ke Manila dibuat dengan beras hitam organik dan santan. Tidak hanya tinggi serat, tetapi juga bebas susu dan bebas gluten.

Saya membeli beberapa ikat suman dan toples selai kacang, karena saya ingin menggunakannya untuk resep baru yang saya pikirkan untuk bisnis pengiriman makanan kesehatan saya, Koki seksi.

Saya menggabungkan dua temuan makanan hebat saya dan membuat camilan padat nutrisi yang kaya serat, asam lemak omega-3, vitamin B, dan antioksidan. Mereka juga bebas gluten, bebas susu, dan 100% lezat. Ini resep Bola Suman Superfood saya. Bersenang senang lah!

Resep: Bola Suman Makanan Super

Buat 12 bola

• 6 buah Suman de Baler atau suman biasa
  • ¼ cangkir Selai Kacang Nanay Pacing atau selai kacang alami
  • 1 sendok makan sirup kelapa atau madu mentah
  • 1 sdm biji rami bubuk
  • ¼ cangkir serpihan kelapa tanpa pemanis

Prosedur:

1. Haluskan semua bahan kecuali serpihan kelapa dalam food processor hingga menjadi pasta lengket.
  2. Bentuk adonan menjadi bola-bola berukuran satu sendok makan lalu gulingkan ke dalam serpihan kelapa.
  3. Dinginkan di lemari es setidaknya 30 menit sebelum disajikan.

– Rappler.com

Barni Alejandro-Rennebeck adalah salah satu pemilik layanan pengiriman makanan diet/sehat The Sexy Chef dan juga penulis terlaris buku masak gaya hidup sehat dengan nama yang sama. Untuk mengetahui lebih banyak tentang penawaran mereka, kunjungi inixychef.phikuti Twitter @thesexychefph dan IG @thesexychef.