• October 7, 2024

‘Glamping’ di Pulau Sumilon, Cebu

Ini adalah ringkasan yang dibuat oleh AI, yang mungkin memiliki kesalahan. Untuk konteksnya, selalu rujuk artikel selengkapnya.

Glamping memungkinkan Anda berkomunikasi dengan alam sambil menikmati kenyamanan dan kemudahan resor pantai mewah

Mencari cara untuk menikmati alam bebas tanpa melewatkan perawatan ala resor? Mencoba glamping – gabungan dari “perkemahan glamor” – di Pulau Sumilon, di lepas pantai Oslob, Cebu, dekat tempat pengamatan hiu paus yang populer.

Terletak di dekat kawasan hutan bakau yang subur, tenda glamping Resor Pulau Bluewater Sumilon luas dan dilengkapi dengan baik. Saat memasuki tenda, saya segera menyadari bahwa ini bukanlah perjalanan berkemah sehari-hari. Masing-masing dilengkapi dengan 2 tempat tidur single, selimut, lampu samping tempat tidur – dan bahkan minibar sedingin es. Tentu saja itu jauh berbeda dengan masa-masa Pramuka saya.

Perkemahan ini terletak di pantai timur laut berpasir di pulau seluas 24 hektar, hanya beberapa menit berjalan kaki dari paviliun utama. Selain menikmati restoran, kolam renang, dan fasilitas resor lainnya, fitur alam dan sejarah pulau ini cukup mengejutkan untuk ditawarkan bagi wisatawan yang gelisah. Saya bangun pagi untuk menyaksikan matahari terbit keemasan di pantai timur, lalu berkendara mengelilingi laguna bakau alami, di mana para tamu juga bisa memberi makan ikan.

Dipandu oleh seorang pengamat telinga, kami kemudian mengikuti rute yang ditandai dengan jelas ke pedalaman, yang membawa kami menyusuri tebing batu kapur dengan pemandangan pulau yang indah. Kami akhirnya sampai di mercusuar yang berdiri di samping reruntuhan zaman Spanyol benteng atau menara pengawas, yang berfungsi sebagai tempat pengamatan bajak laut pada masa kolonial.

Jalur tersebut akhirnya membawa kami ke sisi lain pulau, yang memiliki gundukan pasir alami dan cagar alam laut yang dapat dijelajahi dengan snorkeling atau scuba diving. Datarannya sangat jernih, kami bahkan melihat seekor hiu muda berburu ikan kecil!

Setelah pemandangan tak terduga itu, saya penasaran ingin melihat apa lagi yang ada di bawah ombak Sumilon. Jadi pada hari kedua saya memakai peralatan selam dan menyelam ke terumbu karang yang dilindungi. Saya dan seorang divemaster menyusuri dinding karang hidup, melewati anthias, damselflies, dan ikan terompet kacang panjang yang berwarna cerah.

Setelah mengamati lebih dekat jurang yang dipenuhi karang, kami mengagumi nudibranch kecil dan cacing pipih yang mengenakan warna-warna psikedelik, serta ikan kalajengking dan ikan singa yang berkamuflase sempurna di celah-celah batu. Itu adalah penyelaman yang menyenangkan. Saya kembali ke tenda dengan puas dengan semua foto bawah air yang telah saya ambil, dan mengakhiri hari dengan api unggun malam di pantai sebelah lokasi perkemahan.

Untuk pulau sebesar ini, Sumilon adalah surga kesenangan dan petualangan alam terbuka. Dan pengalaman glamping uniknya memungkinkan Anda berkomunikasi dengan alam sambil menikmati kenyamanan dan kemudahan resor pantai yang mewah.

Bagaimana menuju ke sana

Oslob berjarak satu jam dari Kota Dumaguete dengan kapal feri dan sepeda roda tiga, atau tiga jam dari Kota Cebu dengan bus. Bluewater Sumilon Island Resort telah menjadwalkan transfer perahu selama 15 menit antara dermaga pribadi mereka di Barangay Bancogon ke Pulau Sumilon antara jam 8 pagi dan 5 sore.

Ada banyak hal yang bisa dilihat di area ini, namun khusus untuk glamping, Resor Pulau Bluewater Sumilon menawarkan akomodasi tenda full board untuk dua orang dengan harga P10,000 pada hari kerja dan P12,000 pada akhir pekan. Rappler.com

Edgar Alan Zeta-Yap adalah penulis perjalanan lepas dan fotografer dari Kota Cebu, Filipina yang menulis blog di eazytraveler.net. Berbekal hasrat untuk berpetualang, ia menikmati trekking gunung berapi, menyelam scuba, dan mengunyah durian.