• October 9, 2024

Kehidupan yang tidak tergesa-gesa di Cuyo

Cuyo memberikan kejutan manis bagi mereka yang berani menempuh perjalanan sulit menuju pulau.

Terletak di antara daratan Palawan dan Pulau Panay, Cuyo bukanlah tujuan biasa Anda. Perjalanan menuju pulau ini menguji kesabaran dan semangat traveler. Jika cuaca bagus, dibutuhkan waktu dua hari dengan kapal untuk berangkat dari Manila ke Cuyo. Alternatif yang lebih populer adalah terbang ke Iloilo atau Puerto Princesa terlebih dahulu, kemudian naik feri yang melelahkan selama 12 hingga 18 jam dari titik keberangkatan ini.

Untunglah saya tidak bepergian sendirian ketika saya pergi ke Cuyo tahun lalu. Jika ya, akan lebih mudah untuk mengabaikan penaklukan pulau ketika kapal feri yang saya naiki memutuskan untuk kembali ke Iloilo 3 jam perjalanannya.

Meningkatnya curah hujan monsun di negara itu selama minggu pertama bulan Agustus tahun lalu membuat perjalanan ke pulau itu hampir tidak mungkin dilakukan, sehingga menunda perjalanan dari Iloilo selama 5 hari.

misi UPCAT

Saya dan rekan penguji regional sedang menjalankan misi dan memiliki tenggat waktu yang harus dipenuhi. Kami harus tiba di Cuyo tepat waktu untuk mengikuti Tes Masuk Perguruan Tinggi Universitas Filipina (UPCAT) tahun lalu.

Pulau ini adalah yang paling terpencil dari semua pusat tes UP dan terjauh dalam hal waktu tempuh. Ini juga merupakan salah satu pusat ujian dengan jumlah penguji paling sedikit.

Dengan dua kotak yang penuh dengan materi ujian, kami berkesempatan untuk pergi ke Cuyo pada suatu Jumat malam agar kami tetap dapat mengikuti ujian pada hari Minggu, apalagi kami harus ketinggalan pesawat kembali ke Manila pada hari Selasa.

Kami bahkan tidak menyadari bahwa kami menaiki feri terkecil dari 3 feri yang melayani rute Iloilo-Cuyo-Puerto Princesa. Kami sangat perlu tiba di sana tepat waktu untuk ujian, terutama karena kami mengetahui bahwa beberapa siswa yang menempuh perjalanan 3 jam dengan perahu pompa dari pulau-pulau terdekat sudah berada di Cuyo.

Saya sangat senang kami melakukan perjalanan tersebut karena selain fakta bahwa jumlah peserta ujian meningkat menjadi 31 pada tahun 2012 dari hanya 19 pada tahun 2011, perjalanan tersebut memperkuat keyakinan saya pada masyarakat Filipina dan memperkuat keyakinan saya bahwa beberapa orang Filipina yang paling bahagia memang hidup. di Palawan.

Hidup sederhana

Kekuatan terbesar Cuyo, dan pahala bagi mereka yang melakukan perjalanan ke pulau itu, adalah masyarakatnya. Kehangatan keramahtamahan mereka menjadikan kota ini istimewa, dan cara mereka menjalani hidup yang sederhana sungguh luar biasa dan menginspirasi. Mereka memahami dan menghormati kehidupan sederhana. Komersialisme adalah sebuah konsep yang, meskipun tidak pernah terdengar di kota, namun tidak mempunyai tempat di pulau ini.

Ketika saya pertama kali berjalan keliling kota pada jam 6 pagi, saya terkejut saat menyadari bahwa saya dapat menghitung dengan jari berapa banyak orang yang berada di jalanan. Kecuali untuk itu sari-sari toko yang juga merangkap sebagai toko roti, semua perusahaan lain pada saat itu masih jauh dari memulai bisnis.

Tidak ada restoran yang ramai dengan orang atau pedagang yang menyiapkan dagangannya untuk hari itu, hal yang biasa saya temui saat ini di sebagian besar perjalanan saya keliling Filipina. Tidak kusangka itu hari Senin.

Pada pagi yang sama, sekitar pukul 06:40, saya melihat dua gadis kecil menyeberang jalan dan mengetuk pintu sebuah rumah yang sangat tua.

Seorang anak laki-laki keluar, yang jelas-jelas baru saja bangun dari tidurnya, dan bersama-sama mereka menyeberang jalan kembali ke tempat asal kedua gadis kecil itu. Saat mereka sedang menyeberang jalan, seorang anak laki-laki lain, mengenakan seragam SMA yang disetrika rapi, melewati rumah tua itu.

Ketika saya berjalan lagi keesokan paginya, saya melihat pemandangan yang sama – persis seperti yang terjadi 24 jam yang lalu. Oh, kehidupan sederhana yang tidak tergesa-gesa dan membuat iri. Anda pasti tidak akan kehabisan hal di pulau ini.

PENDIDIKAN.  Cuyonon menghargai pendidikan.  Foto oleh Amer Amor

Menjunjung tinggi pendidikan

Belakangan saya mengetahui bahwa kedua gadis kecil itu sering membangunkan kakak laki-lakinya yang sedang tidur di rumah bibinya agar mereka bisa bersiap ke sekolah bersama. Mereka tidak ingin terlambat ke kelas, kata Tricia, anak tertua dari ketiga bersaudara itu, kepadaku.

Masyarakat Cuyo – begitu mereka disapa Cuyonon – tentu menjunjung tinggi pendidikan.

Nanay Elvie, pemilik rumah kos sederhana tempat kami tinggal, menyekolahkan keempat anaknya ke Manila untuk kuliah, sedangkan yang bungsu menyelesaikan gelarnya di Puerto Princesa. Ia mengatakan pendidikan adalah sesuatu yang sangat dihargai di Cuyo. Dia bekerja keras untuk membantu mereka mendapatkan gelar sarjana. Dia sekarang memiliki seorang insinyur dan perawat di keluarga mereka.

Kota kecil Cuyo menjadi hidup ketika para siswa mulai meninggalkan rumah mereka untuk bersekolah. Ada keanggunan tertentu dalam cara mereka bergerak, tentu saja bukan tanda-tanda bisnis. Ada ritme harmonis yang begitu damai untuk disaksikan. Ada yang berjalan pelan ke sekolah, ada yang bersepeda santai, ada pula yang mengendarai sepeda motor – semuanya dengan santai.

Selain SD dan SMA negeri, di kota ini juga terdapat sekolah swasta yang berdiri sejak tahun 1932. Universitas Negeri Palawan (PSU) juga memiliki kampus di Cuyo, yang menarik mahasiswa dari pulau dan provinsi terdekat.

Keramahan yang hangat

Semua penguji regional lainnya yang berada di pulau sebelum kami hanya mengucapkan kata-kata baik kepada masyarakat Cuyo. Saya juga merasakan keramahtamahan yang hangat selama kunjungan saya.

Para guru yang kami temui mengajak kami berkeliling untuk memberi kami gambaran sekilas tentang kehidupan di pulau itu. Kami bersyukur karena kami bisa melihat keindahan Cuyo – mulai dari Pantai Capusan yang menawan, sempurna untuk menyaksikan matahari terbenam, hingga Tabunan, dermaga Cuyo yang dibangun pada abad ke-17 oleh Spanyol dengan hanya batuan vulkanik terbesar yang ada di sana. Pulau.

Dan saat kami hendak meninggalkan kost, mereka mampir dan menyerahkan beberapa bungkus kacang mete, tidak hanya kepada saya dan rekan-rekan penguji daerah, tetapi juga kepada para penguji daerah lain yang sudah mendahului kami. Pemilik penginapan tempat kami menginap bahkan menyiapkan adobo babi dan ayam goreng untuk kami.

Ini merupakan bentuk apresiasi karena kami mampu bertahan dalam perjalanan sulit menuju Cuyo dan kami melakukan pengorbanan tersebut agar kami dapat menjangkau murid-murid mereka, kata tuan rumah kami.

Kami terdiam dan merasa rendah hati atas kemurahan hati mereka. Ketika kapal feri akhirnya meninggalkan Cuyo, saya merasakan kepuasan yang sudah lama tidak saya rasakan.

Cuyo adalah perjalanan luar biasa yang sulit dilakukan akhir-akhir ini. Saya akan kembali. Aku yakin tentang itu. – Rappler.com

Amer R. Amor adalah anggota fakultas Universitas Filipina di Baguio. Dia adalah penguji regional UPCAT.