• October 18, 2024

Pasca pemilu: 3 hari di Washington

Malamnya, tersiar kabar bahwa Romney menyalahkan kekalahannya pada Obama yang memberikan ‘hadiah’ kepada warga Latin, kulit hitam, dan minoritas lainnya untuk memilih presiden.

WASHINGTON, DC, AS – Ini bukan kereta tengah malam ke Georgia, tetapi kereta Amtrak meluncur ke Washington, DC beberapa menit memasuki hari yang baru. Ada perasaan aneh berjalan melewati Union Station pada jam segitu.

Semua toko tutup, bahkan McDonalds yang ada di mana-mana. Aula stasiun yang luas bergema saat sepatu istri saya menyentuh trotoar. Ini hampir seperti episode Twilight Zone yang lama, Anda berharap untuk muncul di zona waktu lain sebelum pergi ke malam musim gugur yang sejuk.

Sebentar lagi, peri akan muncul dari salah satu toko. Atau Harry Potter akan keluar dan mengayunkan tongkat maut. Union Station, yang terletak di bawah Capitol Dome Washington, tampak ajaib dalam bayang-bayang tengah malam.

Kamar di lantai 18 menghadap ke Monumen Washington beberapa blok jauhnya. Lampu berkelap-kelip di atas Sungai Potomac. Kota ini tampak tenang beberapa minggu setelah Barack Obama memenangkan masa jabatan keduanya sebagai presiden Amerika Serikat.

Seorang Filipina pemilik toko suvenir di hotel memulai percakapan keesokan paginya. Saya bertanya kepadanya seperti apa tempat itu pada malam pemilihan dan keesokan paginya.

“Orang-orang Latin dan orang-orang Asia lainnya tersenyum, hampir melompat (kegembiraan),” kata orang Filipina itu. “Banyak orang kulit putih yang mengerutkan kening.”

Pemilik toko mengatakan mereka harus hati-hati menentukan apakah pelanggan kulit putih menyukai atau membenci Obama. “Silakan rasakan. Anda akan mendengarkan jika Anda marah dengan hasil pemilu (Anda merasakannya. Anda mendengarkan ketika mereka marah terhadap hasil pemilu),” kata sang pemilik.

Kami bergabung dengan bagian khusus anggota Klub Pers Nasional untuk makan siang bersama mantan kepala biro Reuters Lito Katigbak. Dia menyapa para pelayan dalam bahasa Spanyol. Di satu sisi dia mengingatkanku pada ayahku. Generasi mereka belajar berbicara bahasa Spanyol.

Dia merindukan cara-cara jurnalisme yang lama, kecerdikan yang dibutuhkan pada masa sebelum adanya internet ketika menyampaikan berita bisa menjadi sebuah petualangan. Kami bertukar informasi bagaimana cara submit tanpa laptop.

Saya ingat pergi ke pertemuan puncak penduduk Kepulauan Pasifik dan laptop tidak berfungsi. Satu-satunya yang berfungsi adalah mesin teletype yang Anda masukkan ke dalam kumpulan titik dan garis, lalu dikirim ke meja regional Hong Kong.

Kami kembali ke hotel untuk bertemu dengan seorang teman diplomat. Namun orang tersebut menelepon pada sore hari untuk meminta-minta karena ada sesuatu yang terjadi dan dia harus pergi ke bandara.

Tanpa melakukan banyak hal, saya masuk ke dalam toko dan memeriksa sisa-sisa cangkir kopi dan kaus oblong dari kampanye pemilu baru-baru ini. Saya mulai melihat-lihat memorabilia Mitt Romney.

Seringainya dan rambutnya yang selalu acak-acakan menatapmu dari cangkir. Malamnya, tersiar kabar bahwa Romney menyalahkan kekalahannya pada Obama yang memberikan “hadiah” kepada warga Latin, kulit hitam, dan minoritas lainnya untuk memilih presiden.

‘kegunaan’

Mantan Ketua DPR dari Partai Republik Newt Gingrich memberikan tanggapan terbaik terhadap pernyataan tersebut, dengan menyebutnya “gila”. Dia mengatakan kepada stasiun KLRU-TV di Austin, Texas: “Pertama-tama, kami tidak kehilangan orang Asia-Amerika karena mereka mendapat hadiah apa pun. Dia melakukan hal yang lebih buruk dengan orang Amerika-Asia dibandingkan dengan orang Latin. Ini adalah kelompok etnis yang bekerja paling keras dan paling sukses di Amerika – mereka tidak menyukai hadiah.”

Apa yang mengejutkan adalah betapa cepatnya anggota Partai Republik lainnya mengecam Romney atas pernyataan tersebut dan melarikan diri dari orang yang pernah menjadi pembawa standar kepresidenan mereka. Anda selalu merasa Romney memandang rendah orang biasa.

Keesokan harinya kami bertemu teman-teman di Georgetown. Kami berjalan di sekitar jalan-jalan sempit di kawasan itu, yang dipenuhi toko-toko mewah yang mengingatkan kita pada kota tua di Eropa.

“Ini seperti Boston,” kata wanita itu. “Ada banyak toko-toko kecil yang bagus.”

Kami dijemput oleh keluarga malam itu. Kami berkendara ke Virginia untuk menikmati prasmanan sushi dan bertukar cerita. Sepupu saya kehilangan saudara laki-lakinya dua tahun lalu pada bulan ini dan dia masih berduka atas ibunya, yang meninggal beberapa tahun lalu.

Kami kemudian mampir ke rumah keponakan lainnya, yang putranya berkemah di ruang tamu. Kami kemudian mengunjungi apartemen studio nyaman tempat mereka sekarang tinggal di Alexandria, Virginia setelah menjual rumah mereka.

Kami memotret satu sama lain sepanjang waktu. Kami berjanji untuk bertemu satu sama lain di liburan Natal.

Hanya ada satu hal yang saya benci tentang Union Station ketika saya naik kereta kembali ke New Jersey. Gerbang dibuka sekitar 20 menit sebelum kereta berangkat dan jalurnya benar-benar kacau. Mereka memiliki semua pengumuman tentang keamanan dan bahkan tidak bisa menyampaikan pesan yang layak.

Di bawah terik matahari, kereta mulai bergerak tepat sesuai jadwal pada pukul 12.25. Kami meluncur ke utara menuju Maryland dan kemudian menyeberangi Sungai Delaware menuju New Jersey. Kami segera kembali ke rumah. – Rappler.com