• October 5, 2024

Dua hari, 6 puncak

MANILA, Filipina – Menatap rute jalan kaki di layar komputer, saya merasa senang sekaligus takut.

6 puncak di sekitar Batangas dan Cavite dalam dua hari dengan waktu pendakian rata-rata 10 jam per hari.

Itu adalah ide yang gila, tapi saya memercayai teman yang mengatur perjalanan tersebut dan bahkan lebih terobsesi dengan pegunungan daripada saya.

Saya setuju untuk pergi tanpa ragu-ragu.

Hari 1 – Puncak pegunungan Malipunyo

Kami memulai petualangan kami di bawah langit gelap pada jam 5 pagi di Barangay Talisay, Lipa, Batangas.

Ada 9 orang dari kami; 7 pria termasuk teman wanitaku dan aku.

Kami memiliki seorang pemandu, Mario, seorang pria tangguh dan energik yang tampaknya berusia pertengahan dua puluhan. Sebuah tim pendukung yang terdiri dari dua orang – pasangan yang memperlakukan kami seperti anak mereka sendiri – tetap tinggal di jeepney sewaan kami dan mengurus makanan kami.

Rombongan kami memasuki gunung melalui jalan berbatu yang beberapa bagiannya ditumbuhi tanaman merambat. Setelah 4 jam berkeringat di jalan setapak yang melewati bagian hutan yang terjal, kami mencapai puncak pertama kami.

Hujan mulai turun dan angin bertiup dari segala arah. Kabut dengan cepat menyelimuti sekeliling kami, menyisakan pemandangan rerumputan, pepohonan, dan wajah kotor satu sama lain.

Saat semua orang berusaha mati-matian untuk tetap hangat, tidak ada satu pun dari kami yang menikmati kemenangan pertama kami.

Satu puncak turun, 5 lagi lagi!

Payudara perawan

7 jam berikutnya berlalu dengan cepat saat kami menyelesaikan dua puncak lagi hari itu.

Kami melewati Gunung Susong Dalaga, nama umum untuk gunung yang puncaknya menyerupai bentuk payudara gadis.

Kami beristirahat di dek observasi berumput bernama Biak na Bundok yang menghadap ke pegunungan terdekat Gunung Makiling di Los Baños dan Gunung Maculot di Cuenca. Kami terjatuh ke rumput saat kami mencoba memanggil kekuatan untuk puncak terakhir kami hari itu.

PEMANDANGAN DARI BIAK KE GUNUNG

Pendakian selama 4 jam melalui bagian hutan lebat yang jarang digunakan oleh pendaki lain membawa kami ke puncak Gunung Manabu di mana terlihat sebuah salib putih besar. Penanda jalur terkenal lainnya adalah pondok Mang Pirying, rumah seorang lelaki lanjut usia yang berjarak 30 menit dari puncak. Dia menawarkan kopi seduh gratis kepada semua orang yang duduk dan mengobrol.

Setelah makan dan mandi secukupnya kembali ke jump off, kami menempuh perjalanan dengan jeepney selama 3 jam menuju Ternate, Cavite, titik awal petualangan hari berikutnya.

Di stasiun DENR – sebuah pondok tanpa dinding – kami bermalam di bangku kayu yang dimasak di dalam kantong tidur kami.

Hari ke-2

Saya terbangun karena merasakan kabut sejuk di sekitar base camp kami.

Sarapan cepat saji bersama secangkir kopi seduh membangkitkan semangat saya, namun itu tidak cukup untuk menenangkan otot-otot yang pegal akibat pendakian sehari sebelumnya dan kerasnya sofa tempat kami tidur.

Paruh burung beo

LIHAT DARI PICO DE Loro.  Lihatlah pegunungan di sekitarnya.

Pico de Loro adalah tujuan favorit lainnya bagi pendaki lokal dan asing karena letaknya yang dekat dengan Manila.

Ciri yang paling mudah dikenali adalah batu tinggi berbentuk paruh burung beo yang terlihat dari puncak.

Kami tiba di puncak dalam waktu 2,5 jam dan menemukan diri kami bersama puluhan pendaki lainnya. Usai istirahat, kami mengambil jalur rindang menuju Nasugbu, Batangas dan keluar di bagian jalan raya yang sepi.

Di atas semen panas kami makan siang berupa beef bulalo, hidangan daging sapi Filipina yang dimasak dengan air dan bawang bombay, tumpukan nasi, dan air dingin.

gunung Talamitam

DI PUNCAK Gunung Talamitam

Dari Nasugbu, kami melakukan perjalanan ke Barangay Aga tempat kami mendaftar dan bersiap untuk pendakian panas selama 2,5 jam menuju puncak Gunung Talamitam.

Jalurnya tidak sebesar gunung-gunung lain yang kami kunjungi, yang sebagian besar terkena sinar matahari.

Namun, pemandangan di puncak Gunung Talamitam sepadan dengan keringatnya: kota Nasugbu dan Calatagan yang dipisahkan oleh dataran subur terlihat.

Puncak terakhir

30 menit dari Gunung Talamitam merupakan titik lompat menuju gunung terakhir kami yaitu Gunung Batulao yang terkenal dengan indahnya puncak berkelok-kelok yang terlihat dari dasarnya.

Saat matahari terbenam sudah lewat sedikit ketika kami memulai pendakian di apa yang disebut “rute baru”. Kami melihat cahaya dari tempat perkemahan lain dan kota-kota terdekat.

Kurang dari dua jam kami tiba di puncak dan angin kencang menyambut kami. Kami tinggal sebentar untuk mengumpulkan kekuatan yang cukup untuk kembali utuh. Rute kembali turun terjal dengan banyak jurang di kedua sisinya sehingga kami harus memperlambat langkah.

Saat itu jam 9 malam ketika kami kembali ke jip. Kami semua beruntung bisa menyelesaikan 6 puncak tersebut, meskipun sebagian besar dari kami hampir tidak dapat mengucapkan sepatah kata pun karena kelelahan. Seluruh otot terasa nyeri, seperti habis dipukul dan diinjak kawanan sapi.

Kelompok kami kembali ke Manila tanpa makanan dan mandi yang layak, tapi seperti orang bodoh yang curiga terhadap cinta, saya tidak bisa berhenti tersenyum.

Ada kegembiraan yang tak dapat dijelaskan ketika mengejar hasrat dan menaklukkan apa yang pada awalnya tampak seperti tujuan yang mustahil.

Akhir pekan itu kami mendaki total lebih dari 3.870 meter di atas permukaan laut, lebih tinggi dari total ketinggian Gunung Apo.

Bukan pencapaian mencapai 6 puncak dalam dua hari yang menjadikan pengalaman ini berharga; bisa menghabiskan waktu di pegunungan yang saya sukai.

Lagi pula, tidak ada seorang pun yang mampu menaklukkan gunung.

Hanya dirimu. – Rappler.com

Sebagai seorang pendaki yang rajin sejak tahun 1999, Christine Fernandez menganjurkan praktik luar ruangan yang bertanggung jawab dengan mendaki dalam kelompok kecil dan tidak meninggalkan sampah. Dia berterima kasih kepada Ceejay Custodio dari Green Mountain Tribe karena telah mengatur perjalanan yang gila namun menyenangkan ini. Baca lebih lanjut tentang petualangan hikingnya di www.jovialwanderer.com.