• July 26, 2024
Temukan keindahan Kepulauan Camotes secara tidak sengaja

Manila, Filipina – Kata-kata di bawah ini adalah penjelasan penulis tentang bagaimana rencana pasca-Sinulog yang salah menyebabkan penemuan pulau surga yang tersembunyi secara tidak sengaja.

Sekarang jam 7:30 pagi, pagi hari setelah Sinulog dan aku sendirian.

Karena miskomunikasi dengan teman-temanku, aku terbangun di asrama sendirian kecuali beberapa teman sekamar yang kutemui sehari sebelumnya.

Satu hal yang tidak saya miliki: rencana perjalanan.

Dalam keadaan yang terus berubah ini, entah bagaimana saya berhasil mendapatkan undangan untuk mengunjungi Kepulauan Camotes dari salah satu teman sekamar asrama saya. Karena sama sekali tidak tahu di mana letaknya di Cebu, berapa lama waktu yang dibutuhkan, dan apa yang akan saya lihat di sana, saya menjawab dengan tegas ya.

Ini akhirnya menjadi salah satu hal yang paling menarik dalam seluruh perjalanan saya, meskipun bukan tanpa rintangan, cuaca buruk adalah salah satunya.

Berikut adalah beberapa kesimpulan saya yang mungkin berguna bagi Anda:

1. Antah berantah tidak terlalu jauh

Camotes adalah sekelompok 4 pulau yang ditemukan di Laut Visayan. Carilah di peta dan itu akan menjadi titik kecil di tengah Cebu dan Leyte. Bagi rata-rata traveler, satu-satunya cara menuju ke sana adalah dengan kapal feri. Bagi mereka yang mempunyai lebih banyak uang untuk dibelanjakan, penduduk setempat mengatakan pesawat pribadi dapat mendarat di pulau-pulau tersebut.

Dua jalur feri utama melakukan perjalanan setiap hari dari Pelabuhan Danao di Danao City: Feri Antar-Jemput Super dan Perusahaan Pengiriman Jomalia. Jadwal terbaru ada dibawah ini.

Feri Antar-Jemput Super

Pelabuhan Danao – Poro, Camotes

13:00

Poro, Camotes – Pelabuhan Danao

17:00

Perusahaan Pengiriman Jomalia
Pelabuhan Danao – Consuelo, Camotes 05:30, 8:30 pagi, 11:00, 14:00, 17:30, 21:00
Consuelo, Camotes – Pelabuhan Danao 04:00, 5:30, 9:00, 13:00, 15:00, 17:00

Jika Anda ingin naik feri, datanglah setidaknya satu jam lebih awal karena jadwalnya tidak ditentukan. Berdasarkan cuaca, pihak berwenang memutuskan apakah perjalanan akan dilanjutkan dan jam berapa feri akan berangkat.

Menurut pengalaman saya, perjalanan memakan waktu sekitar 5 jam. Dari Cebu, saya dan teman baru saya naik mobil van umum ke Danao City dan becak ke Pelabuhan Danao. Karena ombaknya yang besar, perjalanan feri memakan waktu total 4 jam, meski biasanya memakan waktu dua jam. Setelah berjam-jam dikelilingi oleh para penumpang yang gugup dan berbicara dalam dialek yang tidak saya mengerti, Anda dapat membayangkan kebahagiaan saya ketika pelabuhan Canlusong mulai terlihat. Namun pada perjalanan biasa, kapal biasanya berlabuh di Pelabuhan Consuelo di Pulau Pacijan.

Pelajaran yang Dipetik: antah berantah memang tidak terlalu jauh, namun Anda tetap perlu mengecek cuaca sebelum sampai di sana, apalagi Anda bepergian melalui laut.

2. Bersiaplah untuk menjadi mandiri

HIDUP SEDERHANA.  Bepergian ke Camotes akan mendorong Anda untuk kembali ke kehidupan sehari-hari dengan toko sari-sari kecil di pinggir jalan dan sarana transportasi yang terbatas.

Banyak dari kita mungkin lebih terikat dengan kehidupan kota daripada yang kita kira.

Saat kami menginjakkan kaki di darat, kami langsung dihampiri oleh orang-orang yang semuanya mengatakan hal yang sama: “Luka?” Di Filipina, “luka” berarti “luka” tetapi dalam dialek lokal rupanya mengacu pada perjalanan Anda. Laki-laki yang mendekati kami adalah pengendara sepeda motor. Sepeda motor, disebut lokal habal-habal, merupakan sarana transportasi utama di pulau-pulau tersebut. Tidak ada jip, tidak ada taksi, dan sedikit mobil. Kami habal habal cukup untuk kami berdua dan ransel besar kami, namun ada baiknya jika kami membawa barang ringan.

Seperti di tempat lain yang dikunjungi wisatawan, pulau ini dilengkapi dengan minimarket dan toko internet. Ingatlah bahwa sebagian besar toko di Camotes hanya menjual barang-barang kebutuhan pokok, jadi jika Anda memiliki barang lain yang tidak dapat Anda tinggalkan, belilah dari Kota Cebu. Dipersiapkan.

3. Pesan setidaknya satu hari untuk melihat pemandangan

Saya tidak hanya menemukan Camotes secara tidak sengaja, tetapi saya juga menemukan atraksi lainnya secara kebetulan.

Cuaca buruk menunda perjalanan pulang kami, memberi kami satu hari ekstra untuk menjelajah. Teman seperjalanan saya dan saya diberkati dengan obrolan habal habal Sopir dan setelah menghabiskan beberapa jam bersamanya, kami cukup memercayainya untuk membiarkan dia menangani rencana perjalanan.

Berjalan bolak-balik melintasi ladang dan rumah, kami dapat melihat tempat favoritnya di Camotes: Danau Danao, Gua Kristal Suci, Gua Timubo, dan Pantai Putih Santiago.

Ada lebih banyak tempat untuk dilihat di Kepulauan Camotes, tetapi jika Anda bepergian dalam waktu terbatas, satu hari saja sudah cukup. Selain itu, ini memberi Anda alasan untuk terus datang kembali. Ini sepadan dengan perjalanannya.

4) Temui penduduk setempat

Seperti ke mana pun Anda pergi, yang terbaik adalah berbicara dan mencari tahu tentang tempat tersebut dari orang-orang yang tinggal di sana.

Selain supir habal-habal, kami juga berteman dengan orang-orang yang bekerja di restoran, penjual perhiasan, dan resepsionis hotel. Mereka memberi kami saran yang bagus untuk perjalanan selanjutnya ke Camotes, dan bahkan mengundang kami untuk tinggal di rumah mereka dengan biaya yang lebih murah dari sebuah hotel. Bagi yang penasaran, ini adalah cara terbaik untuk menjelajahi budaya dan gaya hidup yang diadaptasi masyarakat di bagian kota ini.

TEMUI WARGA LOKAL.  Camotes penuh dengan orang-orang menarik, seperti pengrajin asal pantai Santiago yang menjual ornamen dan perhiasan unik yang terbuat dari kayu, tulang, kristal, dan tanah liat.

5) Siapkan rencana. Kemudian siapkan rencana B, C dan D.

Satu-satunya rencana yang sengaja kami buat adalah meninggalkan Camotes sehari setelah kami tiba karena takut terdampar. Ketika unsur kejutan berperan dalam perjalanan ini, ketakutan terburuk kami menjadi kenyataan dan kami tertunda karena cuaca buruk. Untuk membayar kurangnya pandangan ke depan, teman saya harus memesan ulang penerbangannya dan kami harus mencari tempat baru untuk bermalam. Dengan adanya penundaan tersebut, saya dan teman saya mendapat tiket prioritas dari penjual tiket sebelum mereka meninggalkan pelabuhan.

Tiket masuk prioritas menjamin bahwa Anda akan dapat membeli tiket feri pertama yang keluar dari pulau tersebut keesokan harinya, terlepas dari jumlah orangnya. Keesokan paginya kami sudah berada di pelabuhan pada pukul 03.30. Pukul 04:30 kami mengeluarkan tiket kami.

Ketidakpastian memang menyenangkan, tetapi tidak semua orang bisa mengalaminya. Filipina terus-menerus dilanda depresi tropis, daerah bertekanan rendah, dan topan – gugusan pulau kecil di tengah lautan tentu akan merasakan dampak cuaca buruk. Jadi jika Anda pergi ke Kepulauan Camotes, siapkan rencana cadangan untuk rencana cadangan Anda.

Saya suka menggambarkan diri saya sebagai orang yang paling suka berpetualang dan membosankan yang saya kenal. Hal tak terduga selalu datang dengan sedikit rasa takut. Namun spontanitas dalam perjalanan ke Kepulauan Camotes ini membuahkan hasil. Orang-orang baik, teman-teman baru, dan melihat surga Camotes yang indah dan terpencil adalah bagian dari kecelakaan terbaik yang bisa terjadi ketika saya sedang dalam perjalanan khusus ini. –Rappler.com